Wednesday 11 March 2015

Tutorial Menampilkan Isi Database Dengan Combobox di Java

Assalamualaikum wr. wb

       kembali berjumpa lagi dengan saya, sang tutorial amatir.. hahah :-D, saat ini saya sedang dengan alpin si gitaris legendaris yang sedang memaikan lagu "kejora dari miliknya lesti", kalo-kalo kalian mau riquest, saya di sini akan membuat sebuah tutorial sederhana dengan memanfaatkan combobox untuk menampilkan data dari database, dan di textfields, ini berawal dari teman-teman saya satu kampus, mereka banyak sekali menanyakan hal ini, dari pada saya harus memberi tau satu persatu kepada mereka, lebih baik saya berikan saja tutorialnya, insya allah bisa dapat membantu mereka yang sedang mengerjakan tugasnya. Akan tetapi ini hanya refensi aja ya, jangan di salah gunakan..

oke langsung saja kita pratek, jangan lupa menyiapkan kopi dan susu, kalo da ya gorengan lah, biar lebih mantap.

Hal pertama yang di lakukan, buatlah sebuah database dengan nama yang anda inginkan, buatlah dengan database mysql ya, jika kalian belum bisa, coba-coba belajar dulu..

ini contoh isi dari database yang saja buat:


     
lalu, siapan project anda, dan buat form anda dengan yang saya buat :

ubah nama masing-masing componen:
  -jcombobox1 = jcomboboxNIM;
  -jtextFields1 = jtextFieldsNama;
  -jtextFields2 = jtextFieldsJenis_Kelamin;
  -jtextFields3 = jtextFieldsJurusan;

jika sudah, buka Source letaknya di atas sebelah kiri form yang di buat


sudah tau tempatnya kan, ayo kita mulai ngoding ya..hehe


itu source untuk menampilkan seluruh data dari NIM yang ada di database, anda dapat lihat seluruh isi database yang saya buat di atas..
lalu anda masukkan method yang di buat, untuk di proses, saat aplikasi di aktifkan

jika anda benar, maka di jalankan akan seperti ini :
jika tidak muncul data nya, mungkin anda ada kesalahan dalam pengetikan atau penulisan, teruslah anda berusaha,selanjudnya kita akan menampilkan data yang kita pilih di combobox sesuai dengan keinginan kita,
ini sintaknya :

yang terakhir, anda tinggal klik kanan pda jcomboboxNIM -pilih events- pilih Action - Actionperformed
dan tulis di dalamnya seperti ini :


dan ini lah, hasilnya..
selamat mencoba ya, dan ber explorasi



* Saya tidak menjelaskan tentang koneksi dan cara ini mengimport library mysql ya, anda bisa liat di kiriman saya sebelumnya;

Tutorial membuat aplikasi sederhana CRUD dengan konsep MVC

*Jika anda mual-mual karna melihat coding saya, mungkin anda harus banyak-banyak berlatih, dan saya pun hanya seorang Newbea di dalam dunia pemograman. 

Jika saya ada kesalahan dalam penulisan, serta jika ada kesamaan nama mngkin hanya fiktif belaka, dan jika ada masukan bisa coret-coret di komentar :-)

Wallaikumsalam wr.wb

#Tags : Tutorial menampilkan isi database dengan combobox di Java, Cara Menampilkan Isi Database Dengan Combobox di Java, Menampilkan Isi Database Dengan Combobox di Java, Kolaborasi Combobox dan Database Mysql di Java, Combobox di Java dan Database Mysql

28 comments:

  1. gan mau nanya dong itu yg combo box sudah bisa tapi kenapa ga bisa tampil di text fieldnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf..
      itu di textfilednya datatypenya jadi SetText()

      Delete
  2. request dong buat pembelajaran selanjutnya,
    membuat banyak combo box yang menampilkan data dari database
    :-)

    ReplyDelete
  3. makasih banyak gan, sekalian nanya, Object[] ob = new Object[3]; fungsinya buat apa ya?

    ReplyDelete
  4. thanks bro, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  5. Saya mau tanya. Kan data di comboboxnya sudah muncul, tapi waktu data di database.nya diupdate, data di comboboxnya tidak ikut terupdate. Apakah ada masalah dikoneksinya atau bagaimana? Terima kasih gan

    ReplyDelete
  6. Saya mau tanya. Kan data di comboboxnya sudah muncul, tapi waktu data di database.nya diupdate, data di comboboxnya tidak ikut terupdate. Apakah ada masalah dikoneksinya atau bagaimana? Terima kasih gan

    ReplyDelete
  7. Terima kasih mas semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Mas jika ada dua tabel database gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mau kondosinya seperti apa ?
      Jika menggunakan 2 tabel

      Delete
  9. kalo pencarian data berdasarkan bulan dan tahun dengan ComboBok gi mana gan??

    ReplyDelete
  10. thanks gan, sangat bermanfaat sekali bagi pemula

    ReplyDelete
  11. Terima kasih banyak gan. Sangat membantu

    ReplyDelete
  12. Gan mau tanya kenapa pas di click tf nya masih ga ke ubah?

    ReplyDelete
  13. ada tutorial lengkap dari awal gak gan, misal membuat pemrograman input data mahasiswa

    ReplyDelete
  14. Gan kalo untuk delphi7 bisa enggak tolong dong.

    ReplyDelete
  15. mas mau nanya saya yg combobox sudah terisi dari database tapi kenapa di TextFieldnya ga tampil ya waktu di pilih comboboxnya?

    ReplyDelete
  16. gan kalo saya pake actionperformed kenapa data yg mucul di combobox cuma satu ya?

    ReplyDelete